Minggu, 07 Oktober 2012


Tutorial ini untuk perdalam pengetahuan array PHP, yang mana sangat sering sekali digunakan dalam membuat aplikasi yang kompleks, terlebih jika kamu menggunakan PHP framework seperti Codeigniter. Sudah sekitar sebulan saya tidak menambah postingan baru karena sibuk pekerjaan yang menyenangkan, PHP Programming! :D
Apa yang saya bahas di artikel ini? Saya akan coba membahas lebih dalam tentang pengetahuan array di pemrograman PHP. Sebelumnya, apa itu array di pemrograman php? Array adalah urutan data, atau lebih tepat kita sebut runtutan data.

Komponen Array PHP

Komponen apa saja yang menentukan suatu data bersfiat array di dalam pemrograman php? Seperti yang telah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang Array dan Looping di PHP, data agar menjadi array mempunyai 3 komponen, yaitu: variable, key dan value. Dan untuk mengelola data bersifat array di php harus menggunakan function foreach.
Array php sangatlah penting saat kamu menggunakan framework codeigniter. Bagaimana tidak, di dalam php framework codeigniter hampir semua data, baik melakukan interaksi ke database, maupun memproses data dengan atau tanpa library/helper di controller – model – bahkan di bagian view datanya bersifat array.

Contoh Bentuk Array PHP

Ada beberapa bentuk array di dalam pemrograman PHP, berikut contoh bentuk normal php array :
<?php
$data = array('data1','data2','data3');
?>
Data array php di atas mempunyai bentuk yang sama seperti:
<?php
$data[0] = 'data1';
$data[1] = 'data2';
$data[2] = 'data3';
?>
Jika key data array php bukan suatu angka, berikut bentuk dalam array php:
<?php
$data['key1'] = 'data1';
$data['key2'] = 'data2';
$data['key3'] = 'data3';
?>

Menggunakan Foreach Untuk Mengolah Data Array PHP

Ada 2 bentuk penggunaan foreach untuk mengolah data array di PHP. Berikut contoh penggunaan foreach untuk mengambil value di dalam data array php:
<?php
$data = array('data1','data2','data3');

foreach($data as $value)
{
echo 'Nilai di dalam array = <b>'.$value.'</b>.<br>';
}

// Hasilnya:
// Nilai di dalam array = data1.
// Nilai di dalam array = data2.
// Nilai di dalam array = data3.
?>
Sedangkan berikut adalah contoh penggunaan foreach untuk mengambil key dan value di dalam data array php:
<?php
$data = array('data1','data2','data3');

foreach($data as $key => $value)
{
echo 'Key <b>'.$key.'</b> mempunyai nilai = <b>'.$value.'</b>.<br>';
}

// Hasilnya:
// Key 0 mempunyai nilai = data1.
// Key 1 mempunyai nilai = data2.
// Key 2 mempunyai nilai = data3.
?>
Setelah melihat contoh di atas, cukup mudah bukan untuk mengelola data yang berisifat array di php? Ya, tidak salah kamu sampai di website personal saya ini untuk memperdalam pengetahuan kamu tentang pemrograman PHP. Semoga artikel tutorial ini bermanfaat untuk kalian, mendalami pengetahuan tentang data array php.







Keyword pencarian artikel ini:

ternary operator phpvariable ternary codeigniterarti ternar di youtubeternary phpcara membuat chained drop down codeignitercara menggunakan operator tenarykondisi ? penggati ifpengganti phppengganti if di phppengganti ? di phpapa itu ternary operatorpenggunaan if else php untuk operator lebih besarpenggunaan operator ternary di phpphp ternary operatortentang operator ternaryternary operator adalah phpternary operator dalam bahasa cternary operator logika pada bahasa cpengertian if else pada phpoperator yang ada di phpoperator ternary kondisional dalam php?apa kelebihan if-else if dengan if-elsebentuk lain if else phpcara menggunakan ternary operator di codeignitercontoh komentar guru saat nilai siswa jelekcontoh php jika sudah jam5 inputcontoh ternarycontoh ternary operator di phpgunakan operator ternaryif else waktu php.


BACKLINK

1 komentar: